Baja Ringan Ada Yang Asli dan Abal-Abal? Simak Kelebihan dan Cara Membedakannya?

Siapa sih sekarang ini yang belum kenal dengan baja ringan?? Material yang banyak digunakan di bagian atap rumah sekarang jadi satu material bangunan yang banyak dipilih karena efisiensinya terutama untuk pengerjaan rangka atap.

Tapi sebelumnya apa sih baja ringan itu? Oke kita bahas dulu sedikit tentang definisinya ya..

Definisi baja ringan

Baja Ringan adalah salah satu jenis material bangunan yang biasanya digunakan untuk konstruksi atap bangunan, baik itu untuk rumah, gudang, tempat parkir, pabrik, maupun bangunan lainnya. Baja ringan pada umumnya terbuat dari bahan dasar campuran antara seng dan alumunium serta bahan tambahan lainnya yang kemudian dibentuk sesuai dengan profil yang diinginkan.

Mengapa sih baja ringan sekarang banyak dipilih dan digunakan? Yups sudah pasti karena memiliki kelebihan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rangka atap yang lainnya. Apa saja kelebihannya kalau pakai rangka atap baja ringan? Yuk kita bahas sedikit sebelum masuk ke point utama pembahasan kita yaa..

Kelebihan rangka atap baja ringan

rangka atap dengan baja ringan

  1. Kuat tarik tinggi namun ringan

Kelebihan yang satu ini dapat memudahkan saat proses transportasi dan konstruksi rangka atap lho sobat timit.. Kekuatan yang tinggi per satuan beratnya menjadikan baja ringan memiliki beban diam yang cukup kecil. Karena bahan ini cocok banget untuk dijadikan rangka atap maupun genteng rumah anda.

  1. Tahan karat dan anti rayap

Nah sobat timit tidak perlu khawatir rangka atap rumahnya akan berkarat ataupun ditumbuhi rayap. Hal ini karena bahan utamanya terbuat dari zinc, karbon, dan aluminium dengan kualitas pilihan yang menjadikan baja ringan lebih tahan terhadap karat atau rayap.

  1. Sifat yang lentur dan tahan lama

Dalam hal kelenturan, baja ringan punya sifat fleksibel yang lebih baik. Dengan tegangan tarik hingga 550 Mpa hampir setengah kali hanya tinggi dibandingkan dengan baja konvensional yang 300 Mpa. Jadi sifat fleksibel inilah yang menjadikan baja ringan bisa menyerap energi dalam jumlah besar.

  1. Pemasangan mudah dan lebih praktis

Sifatnya yang ringan dapat memudahkan saat pemasangan rangka atap, sehingga sobat dapat menghemat biaya dan waktu. Rangka atap baja juga punya sistem sambungan yang mudah banget lho.. Kita bisa menyambungkannya dengan baut besi, keling, atau dengan cara dilas.

Dan untuk kualitas dari baja ringan itu sendiri ada bermacam-macam loh sobat timit.. Sudah sewajarnya kalau ada produk yang bagus berkualitas, akan ada juga produk dengan kualitas di bawahnya dan dengan tampilan yang tidak jauh berbeda. Jadi gimana dong caranya tahu kalau baja ringan yang kita gunakan itu bagus atau abal-abal?

Nah, bicara tentang membedakan yang berkualitas dengan yang abal-abal sudah pasti kalau dilihat dengan kasat mata tidak akan terlihat perbedaannya nih sobat timit. Secara bentuk dan kan sama bertahan gitu..

Sebenarnya perbedaan kualitas antara yang asli dan abal-abal sudah bisa terlihat dari bentuk dan teksturnya nih sobat timit.. Untuk baja ringan yang berkualitas punya tekstur yang lebih tebal, kuat dan mudah untuk dibengkokkan. Untuk yang abal-abal biasanya jika ditekan dengan kuat akan mudah bengkok meskipun bengkoknya hanya sedikit.

Jadi, untuk membedakan baja ringan yang asli dengan yang abal-abal ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini :

Cara membedakan baja ringan asli dengan yang abal-abal

baja ringan asli dengan abal abal

  1. Koneksi tarikan

koneksi tarikan bisa menjadi referensi saat memilih rangka atap bangunan. Nah, umumnya tegangan tarik yang baik adalah 550 Mpa. Jika kurang dari itu, akan berisiko kekuatan baja ringan menahan beban atap berkurang.

Oh ya selain itu nilai  SAE  juga dapat diterapkan. Dalam hal ini, SAE  grade  980x merupakan baja ringan berkualitas.

  1. Realitas Ketebalan Baja Ringan

Semakin besar atau tebal baja ringan, beban yang dapat ditopang juga semakin besar. Sebaliknya, jika ukuran semakin kecil, maka kemampuannya untuk meningkatkan beban pun sudah pasti semakin kecil.. Karena itu, sebelum membeli baja ringan jangan lupa pastikan dulu realitasnya menambahnya yaa.

  1. Sistem Penguatan 

Baja ringan juga punya fleksibilitas fleksibilitas yang cukup baik. Namun, hal ini bisa menjadi keuntungan sekaligus kerugian lho.. Apalagi jika tidak mendapatkan  bracing  atau penyangga yang tepat. risikonya yaitu atap atau konstruksi apapun jadi mudah roboh dan jatuh karena tegangannya yang rendah dan longgar. Jadi, dalam memilih baja ringan berkualitas, pastikan  bracing nya punya kualitas yang sama bagusnya ya sobat timit..

  1. Ketebalan Lapisan Anti Korosi Baja Ringan

Setiap jenis baja ringan pasti punya lapisan pelindung yang akan melindunginya dari korosi akibat cuaca maupun faktor lingkungan. Biasanya Zinc (Galvanis) dan lapisan Alumunium Zinc (Galvalum) sering digunakan sebagai bahan pelapis.

Jadi, ketebalan bahan pelapis menjadi pertimbangan dalam memilih baja ringan yang asli dan berkualitas. Dimana lapisan galvalum tidak boleh kurang dari 150 gram/m2. Sementara lapisan galvanis tidak boleh kurang dari 180 gram/m2.

Jika lapisan kurang dari nilai tersebut, akan memberikan resiko baja ringan tersebut tidak dapat bertahan sesuai waktu yang diharapkan.

  1. Punya Sertifikat SNI

Sebagai distributor resmi material bangunan, PT. Tiga Mitra Surabaya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik agar pelanggan tidak kecewa. Salah satunya yaitu dengan menjual baja ringan yang sudah memiliki sertifikat SNI terpercaya.

Karena, jika baja ringan yang sobat timit gunakan sudah tersertifikasi, maka sudah bisa dipastikan material tersebut aman untuk digunakan sebagai rangka atap atau genteng pada bangunan. Salah satunya yaitu baja ringan merk Kencana yang sudah memiliki sertifikasi SNI yang jelas.

Dapatkan di distributor resmi baja ringan

Pastikan sobat timit hanya membeli baja ringan dari distributor pabrik yang sudah terpercaya seperti PT. Tiga Mitra Surabaya yang menjual baja ringan dengan merk berkualitas agar kualitas yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi dan juga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Jadi timit tidak perlu mengganti rangka atap atau genteng dalam jangka waktu hanya beberapa tahun saja seperti sobat kantong bikin kantong jadi nggak bisa hemat nih..

Nah jika sobat ingin membeli baja ringan yang berkualitas dan tidak ada abal-abal, apalagi bisa sekaligus dengan jasa pasangnya, jangan ragu langsung saja percayakan kebutuhan untuk rangka atap ataupun genteng baja ringannya ke PT. Tiga Mitra Surabaya karena kami aplikator yang sudah berpengalaman di bidangnya dan seperti yang terlihat kami bergaransi. Jadi dijamin tidak tipu-tipu dana tap anda pasti lebih kokoh dan tahan lama.

Baja ringan yang kami gunakan yaitu merk Kencana nih sobat timit.. Kualitasnya tidak diragukan lagi, dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 30ribuan saja untuk per batangnya. Yuk order sekarang juga dan dapatkan rangka atap serta genteng rumah dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Temukan kami di :

PT. Tiga Mitra Surabaya

merupakan distributor resmi pabrik bahan bangunan modern seperti bata ringan, panel lantai, semen mortar, galvalum, tandon, dan bahan bangunan modern lainnya.

Pembayaran

Pengiriman Invoice

Jam Operasional

Senin - Jum'at ( 08.00 s/d 16.00 )
Sabtu ( 08.00 s/d 14.00 )
Minggu ( TUTUP )
Butuh Bantuan ?

Keranjang Belanja

×

Ups, Belum ada barang di keranjang belanja Anda.

Belanja Sekarang !

Form Bantuan Whatsapp!

×